Kupu-Kupu

Kupu-Kupu

Seorang pria menemukan sebuah kepompong pada sebuah pohon di pekarangan rumahnya. Suatu hari tampak ada sedikit bagian yang terbuka dari kepompong tersebut. Ia duduk dan memperhatikan selama beberapa jam sementara kupu-kupu di dalam kepompong itu berjuang untuk mendorong tubuhnya keluar melalui lubang kecil itu. Lalu proses itu terhenti. Kelihatannya kupu-kupu itu telah berusaha sejauh yang ia bisa dan tidak mampu meneruskannya lagi.

Maka lelaki itu memutuskan untuk membantu sang kupu-kupu. Ia mengambil sebilah gunting dan memotong kepompong tadi.

Kupu-kupu itu, tentu saja, kini dapat keluar dengan mudah. Tapi tubuhnya buntal dan sayapnya kecil serta layu.

Pria itu terus mengamati sang kupu-kupu dan berharap sewaktu-waktu sayapnya akan membesar dan berkembang sehingga mampu membawa tubuhnya terbang.

Namun hal itu tak kunjung terjadi. Sang kupu-kupu justru menjalani hidupnya dengan cara merayap kesana kemari dengan tubuh yang buntal dan sayap yang layu. Ia tak pernah mampu untuk terbang.

Pria itu tidak memahami bahwa disebabkan niat baik dan ketergesaannya ia telah menjadi penyebab gagalnya kupu-kupu itu untuk terbang. Sebetulnya kesulitan yang ada pada kepompong serta perjuangan yang mesti dilewati sang kupu-kupu untuk melewati lubang kecil itu merupakan jalan yang Allah berikan untuk memaksa cairan dari tubuh sang kupu-kupu mengalir ke sayap-sayapnya sehingga ia akan siap untuk terbang begitu ia mampu keluar secara alamiah dari dalam kepompong tadi. Hal itu tidak terjadi disebabkan halangan yang mesti dilewati sang kupu-kupu telah dihilangkan oleh lelaki tadi, dan menyebabkan kupu-kupu itu kehilangan kemampuannya untuk terbang.

Pelajaran: Ujian dan kesusahan itu memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri yang sekiranya kita lalui dengan kesabaran, maka akan menghasilkan kekuatan dan kebesaran diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s